Info Sekolah
Wednesday, 15 May 2024
  • PRESTASI MENDUNIA
23 April 2024

Peningkatan Ketakwaan dan Kebersamaan Siswa Melalui Khotmil Quran

Tuesday, 23 April 2024 Kategori : Berita Aktual

SMP Negeri 5 Yogyakarta mengadakan kegiatan Khotmil Quran pada Jumat (5/4) yang diikuti seluruh siswa muslim kelas 9. Rangkaian kegiatan ini dimulai setelah pelaksanaan Gala Widyatama hingga seusai sholat tarawih. Dimulai dengan sholat Dzuhur berjamaah  bagi siswi putri dan sholat Jumat berjamaah bagi siswa putra, kegiatan dilanjutkan dengan menyelesaikan target bacaan Al-Quran yang sudah dibagi per kelas. 

 

Kegiatan inti diawali dengan sambutan kepala sekolah, Ibu Siti Arina Budiastuti M.Pd.B.I., dengan didampingi oleh beberapa guru. Setelah itu dilanjutkan dengan khataman Al-Quran serta tauziyah dari Bapak Noor Khan, S.Ag., selaku guru agama Islam. Selanjutnya seluruh siswa melaksanakan buka bersama di kelas masing-masing dan sholat Magrib berjamaah. Setelah sholat Magrib, para siswa melakukan kegiatan jurit malam dengan berkeliling sekolah serta berbagai kegiatan lainnya. Acara dilanjut dengan sholat isya dan tarawih berjamaah dengan diimami oleh Bapak Jauhari Ramadhani, S.Pd. Sementara itu, siswa yang beragama Kristen, Katolik, dan Hindu melaksanakan ibadah sesuai agama masing-masing.

 

Di akhir kegiatan, Ibu Siti Arina Budiastuti M.Pd.B.I. menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh siswa agar senantiasa memperdalam ilmu agama dan menambah motivasi diri menjelang ujian ASPD. Setelah itu, para siswa diperbolehkan untuk pulang.. 

 

“Acara Khotmil Quran kemarin sangat menyenangkan. Menurutku, tujuan dari Khotmil Quran ini sudah tercapai. Dengan adanya acara Khotmil Quran juga nambah pengalamanku, seperti bisa ibadah bareng teman-teman di sela-sela kegiatan Gala dan kegiatan lain. Kegiatan ini semakin berkesan karena ditambah sama doa bersama buat ASPD bulan Mei nanti. Satu kegiatan yang paling berkesan yang menurutku keren banget adalah penampilan pembacaan juz 30,” ujar Nadya (9G).

 

Selain bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME serta rasa cinta terhadap Al-Quran, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas antarsiswa.

 

Jurnalis :

Khanza 8E

Anisa 8G

Naura 8G

Lilla 8G

Syifa 8G

 

Foto :

Dokumentasi Guru

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.