Info Sekolah
Wednesday, 17 Apr 2024
  • PRESTASI MENDUNIA
1 April 2024

Menjalin Ukhuwah dan Meluaskan Cakrawala dalam Buka Bersama SMPN 5 Yogyakarta

Monday, 1 April 2024 Kategori : Uncategorized

SMPN 5 Yogyakarta mengadakan kegiatan buka bersama Senin, (22/3/2024) yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 beserta guru dan karyawan. Rangkaian kegiatan buka bersama dilaksanakan di aula SMPN 5 Yogyakarta dan Masjid Al-Alimin. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat simpul ukhuwah antara siswa dan guru serta menambah pengetahuan dan memperluasa cakrawala keagamaan. Kegiatan dilaksanakan oleh SKI Pawitikra dengan menghadirkan Ustadz Sir Aujal Huda Tazayyan selaku penceramah.

Selain buka bersama, siswa kelas 7 mengisi kegiatan dengan semi pesantren kilat. Rangkaian acara dibuka dengan pembacaan Asmaul Husna oleh Khansa dari kelas 7B, Fara kelas 7J, dan Faiza kelas 7G. Ananda Indy dari kelas 7H juga ikut serta menampilkan pidato agama bertema “Menjaga Pergaulan”.

Dalam acara buka bersama, Ibu Arina Budiastuti, M.Pd.B.I. selaku kepala SMPN 5 Yogyakarta menyampaikan sambutan disusul dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Rio (7E)  dan Andra (7F). Tidak ketinggalan Tim Hadrah SMPN 5 Yogyakarta  tampil membawakan beberapa lagu, yaitu “Mars Pawitikra”, “Nabi Putra Abdullah”, “Allahul Kahfi”, dan “Tibbil Qulub Habib Syekh”. Selama kurang lebih sepuluh menit dilantunkan zikir bersama yang dipandu Bapak Fajrus Shodiq, M.Pd. Acara inti pada kegiatan buka bersama adalah santapan rohani berupa ceramah agama yang dibawakan secara interaktif. Ustadz Sir Aujal Huda Tazayyan sesekali menguji wawasan keagamaan siswa dengan melempar beberapa pertanyaan diselingi dengan candaan kepada peserta kelas 7. Menjelang waktu berbuka diadakan doa bersama yang dipimpin Bapak Noor Khan Abdullah, S.Ag. Azan maghrib dikumandangkan oleh Auddi (7B) lalu semua peserta membatalkan puasa dan dilanjutkan melaksanakan ibadah salat maghrib berjamaah.

Kegiatan makan bersama di aula berjalan hingga menjelang azan Isya. Beberapa peserta, baik guru maupun siswa menyampaikan tanggapan positif terkait acara buka bersama. Salah seorang guru SMPN 5 Yogyakarta, Yeti Yuliana menyampaikan, “Kegiatan buka bersama ini bukan hanya mengeratkan simpul ukhuwah sesama muslim, tetapi memperluas cakrawala siswa terhadap pengetahuan agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.” Ia menambahkan hal ini dapat dilihat dari bagaimana siswa antre wudu, mengambil makanan, hingga saling berbagi. “Tentu saja itu sesuai dengan tujuan kegiatan, yaitu meningkatkan keimanan kepada Tuhan serta menerapkannya sebagai karakter dalam kehidupan yang lebih religius,” tuturnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh siswa-siswi nonmuslim sebagai wujud toleransi yang sudah berjalan di sekolah. Sebelum makan bersama, siswa Kristiani juga mengadakan kegiatan pendalaman iman yang dibuka Kepala SMPN 5 Yogyakarta. Acara tersebut dipandu oleh Wira dan Agatha dengan pendamping guru-guru Kristiani.

Penulis:
Cinta 7A
Reni 7D

Fotografer:
Osa 7E

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.