Info Sekolah
Wednesday, 28 Feb 2024
  • PRESTASI MENDUNIA
22 November 2023

Pawitikra Bawa Pulang 2 Medali dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2023

Wednesday, 22 November 2023 Kategori : Berita Aktual

SMP Negeri 5 Yogyakarta berhasil membawa pulang 2 medali dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan pada hari Senin-Sabtu, 6-11 November 2023. Medali perunggu sukses diraih oleh Maheswari Wijaya (8J) dan Nadhifa Alfarasika (8J) dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya. Sementara itu, Teresa Amelia Hertada (8J) dan Avandreda Giano Bestara (8A) berhasil menyabet medali perak dalam bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Lomba yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek bekerja sama dengan Universitas Tarumanegara Jakarta tersebut diikuti oleh 150 siswa-siswi SMP/MTs seluruh Indonesia. Ada tiga cabang perlombaan pada OPSI 2023 ini, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Budaya, serta Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa. Pada OPSI tahun ini ada sekitar 1.500 judul penelitian yang lolos seleksi hingga tahap nasional.

Sebelum akhirnya berhasil mengikuti perlombaan hingga tingkat nasional, kedua tim SMPN 5 Yogyakarta di bawah bimbingan Bapak Tama Enar Widyanto, S.Sos. dan Ibu Maria Faeka Christiani, S.Si., mempersiapkan diri sejak bulan April 2023 dengan slot69 melakukan proses penelitian, pengambilan sampel, menyebarkan kuesioner, mengolah data, koordinasi dengan pihak ahli (expert judgement) hingga pembuatan media untuk bahan presentasi. Selanjutnya, kedua tim mengirim proposal penelitian dan lolos tahap semifinal secara daring melalui link panitia (BPTI) yang dikoordinasi langsung oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta hingga akhirnya kedua tim SMPN 5 Yogyakarta berhasil melangkahkan kaki ke Jakarta, tepatnya di Universitas Tarumanegara, untuk sesi expo hasil penelitian selama 2 hari dan wawancara hasil penelitian serta presentasi di Hotel Menara Peninsula Jakarta Barat.

Kepala sekolah, Ibu Siti Arina Budiastuti, M.Pd.B.I., menyampaikan rasa bangganya terhadap para siswa yang berhasil membawa nama besar SMPN 5 Yogyakarta di tingkat Nasional.

“Kemenangan ini semoga bisa menjadi awal yang baik bagi para peserta didik dan menjadi contoh bagi siswa lain agar terus mengembangkan potensi diri sehingga dapat mengharumkan kembali nama besar Pawitikra dalam bidang yang lain,” ucap kepala SMPN 5 Yogyakarta.

Perlombaan ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan kecintaan siswa terhadap ilmu pengetahuan serta menghasilkan penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. (Tim)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Silahkan masuk untuk bisa menulis komentar.